Mantap! Kepala SMAN 2 Siabu, Sulaiman Saleh Harahap,S.Kom, Membuka Kegiatan Literasi Digital KITA CERIA.

/ Senin, 29 Juli 2024 / 21.34.00 WIB

POSKOTASUMATERA.COM-MADINA-Kepala SMAN 2 Siabu, Sulaiman Saleh Harahap,S.Kom, Membuka Kegiatan Literasi Digital KITA CERIA.di lapangan upacara Sabtu (27/7-2024).


Sulaiman Saleh Harahap S.Kom mengatakan,"  kegiatan Literasi Digital yang diadakan oleh Keminfo secara serentak di seluruh wilayah Indonesia melalui JSDI (Jaringan Sekolah Digital Indonesia) dan Pandu Digital. 

JSDI dan Pandu Digital dibawah naungan Keminfo mengusung percepatan digitalisasi di Indonesia sesuai dengan mandat presiden, salah satunya melalui gebrakan Ekstrakurikuler Pandu Digital di satuan pendidikan di seluruh Indonesia," ucap Mantan Kepala SMKN 3 Padangsidimpuan. 
"Lebih lanjut disampaikan, Kegiatan Literasi Digital secara nasional ini adalah satu kegiatan percepatan digitalisasi pada satuan pendidikan. Slogan dari Literasi Digital ini adalah KITA CERIA ( Kelas Literasi Digital Cakep Etika Kreatif Aman). Satuan pendidikan dapat mendaftarkan beberapa Tim dari sekolahnya sebagai pemateri dan fasilitator dalam Kegiatan Literasi digital ini. 

Setiap Tim terdiri dari 3 (tiga) Man Power, yang terdiri dari guru dan siswa atau guru saja.
Man Power artinya adalah orang yang bertanggung jawab pada kelas literasi digitalnya, mulai dari pematari dan fasilitator bagi peserta KELAS Ceria," ucapnya. 

"Adapun materi yang disampaikan pada kelas literasi digital Ceria ini terdiri dari :
- Pandu Digital & Ekstrakurikuler Pandu Digital
- ⁠Pilar Literasi Digital
- ⁠Game Edukasi, dan
- ⁠Pohon Lietrasi," ujar Alumni Univeraitas Gunadarma Jakarta.


Siswa yang berperan sebagai man power menjelaskan materi tentang Pandu Digital dan Ekstrakurikuler Pandu Digital, serta Digital Skill fokus pada penggunaan dasar aplikasi capcut sebagai salah satu pilar literasi digital," ujar Kasek.

Dikatakannya," Peserta KITA CERIA melakukan praktek langsung tentang penggunaan dasar editong video pada aplikasi capcut.

Peserta KITA CERIA mempraktekkan salah satu contoh Game Edukasi, yaitu ular tangga manusia.

 Peserta KITA CERIA melakukan refleksi terhadap seluruh materi yang didapatkan melalui Pohon Literasi," Ungkap ," ungkap Sulaiman Harahap Alumni SMA Harapan Medan.(PS/BERMAWI)




Komentar Anda

Terkini: