UNIVA Medan Go International: KKN di Kuala Lumpur Buktikan Kualitas Global

/ Senin, 26 Agustus 2024 / 21.04.00 WIB

 


Keterangan gambar : Pelaksaan KKN (Kuliah Kerja Nyata) Mahasiswa Univa Medan di Kuala Lumpur, Malaysia (POSKOTA/SAUFI)

POSKOTASUMATERA.COM- KUALA LUMPUR 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) ialah sebuah bentuk khidmat masyarakat wajib oleh mahasiswa dengan  pendekatan rentas ilmu dalam tempoh dan daerah tertentu.

Kali ini untuk pertama kali nya KKN UNIVA Medan Sumatera Utara  melakukan KKN di Kuala Lumpur Malaysia. 

Pelaksanaan giat KKN berlangsung selama 4 hari dimulai tanggal 22-26 Tahun 2024 di Kuala Lumpur Malaysia. Dalam pengajian itu, KKN berlangsung dalam pengajian pendidikan, penyelidikan dan observasi dan khidmat masyarakat digelar ditempat tempat warga negara Indonesia yang tinggal di Kuala lumpur Malaysia.


Sejumlah mahasiswa yang tergabung dari STIT Alwashliyah Binjai, UNIVA labuhan batu dan UNIVA Medan Sumatera Utara yang dibimbing setiap Dekan fakultas yang hadir dari Fakultas Pendidikan maupun Fakultas hukum dan dosen lainnya.


Dekan Fakultas hukum UNIVA Medan, Nurhimmi Falahayati,SH,.Mkn bersama Wakil Rektor Dr. M.Syukri Azwar Lubis,M.A menyampaikan bahwa kegiatan ini juga merupakan PKM Internasional yang berkolaborasi universitas Al Washliyah Medan , Universitas Alwashliyah Labuhan batu dan sekolah Tinggi Tarbiyah Alwashliyah Binjai.


"Semoga bermanfaat dan bisa mewujudkan Universitas UNIVA Mumtaz untuk internasionalisasi dengan agenda KKN internasional ini,"ucap Nurhimmi kepada wartawan.


Sesuai dengan Visi Misi UNIVA Medan Sumatera Utara menjadikan universitas yang unggul (mumtaz) dalam penyediaan sumber daya manusia yang menguasai studi islam, sains, teknologi, dan seni, dan mampu berdaya saing dengan universitas terkemuka secara global pada tahun 2040.


"Bahwa UNIVA Medan sebagai universitas dengan akreditasi yang unggul, infrastruktur yang lengkap, sumber daya manusia yang berkualitas, civitas akademika yang berpikir, bersikap, dan bertindak dalam bingkai nilai-nilai spiritualitas keislaman, dan memiliki program studi pascasarjana,"kata Nurhimmi.


Untuk kedepannya akan terus melakukan KKN secara continue KKN luar negeri ini. Dan jika hari ini di Kuala lumpur Malaysia,bahkan nanti dilaksanakan di Thailand. 


Selain KKN Internasional juga KKN Lokal di Sumatera Utara daerah juga terus dilaksanakan untuk pembekalan para mahasiswa mahasiswa dari berbagai fakultas.


Sementara itu salah satu tempat berlangsung nya KKN di Sanggar Bimbingan KAMUS Gombak Utara. Dan disambut baik oleh pengelola Bapak Tn. Ikhwanuddin Abdul dan Dahlia yang juga merupakan tenaga pengajar disekolah tersebut.


Dahlia mengatakan bahwa sekolah ini ada di Kuala lumpur sejak tahun 2022. 

Sekolah Bimbingan KAMUS Gombak Utara ini membimbing dari usia 7 -13 tahun. Semua anak didik dari keseluruhan warga negara Indonesia yang berada di Kuala lumpur Malaysia bahkan dari Kota Medan Sumatera Utara juga ada siswa kita. 


Bimbingan dilakukan dari klas 1-6 dengan usia tamat 13-14 tahun nantinya. Sekolah ini juga dilengkapi dengan ijazah yang bekerjasama antara Indonesia dan Kuala lumpur. 


"Disini juga, baik itu sarana buku bacaan dan perlengkapan juga dibantu dari kerjasama Indonesia dan Kuala lumpur,"kata Dahlia. (PS/SAUFI)

Komentar Anda

Terkini: